Wednesday, February 21, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Info

10 Cara Mudah Menyiapkan Bento Sehat untuk Bekal Anak, Yuk Bund Buat!

bekal anak min 2817944913Ilustrasi bento sehat untuk bekal anak

ZULIRANTAUWATI.ID – Sajian bento adalah makanan kemas ala Jepang, tidak hanya memberikan keindahan visual tetapi juga menyediakan nutrisi seimbang untuk anak-anak.

Menyusun bento sehat untuk bekal anak bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk memastikan anak mendapatkan asupan gizi yang cukup selama beraktivitas di sekolah.

Namun tidak semua orang tua bisa membuat sajian bento sehat yang cocok sebagai menu bekal anak.

Berikut adalah panduan sederhana untuk menyiapkan bento sehat dan lezat yang cocok untuk bekal anak :

  1. Pilih Bahan-Bahan Berkualitas Tinggi

Pastikan memilih bahan segar dan berkualitas tinggi. Pilihlah berbagai macam sayuran, buah, protein, dan karbohidrat untuk memastikan makanan mengandung nutrisi.

  1. Variasi dan Warna

Gunakan berbagai warna untuk membuat tampilan lebih menarik. Sayuran berwarna-warni dan buah cerah tidak hanya menambah keindahan visual, tetapi juga menandakan keberagaman nutrisi.

  1. Sumber Protein yang Sehat

Sertakan sumber protein yang sehat seperti daging tanpa lemak, ayam panggang, atau tahu dan tempe bagi anak yang vegetarian. Protein penting untuk pertumbuhan dan perkembangan.

  1. Karbohidrat Seimbang

Pilih karbohidrat yang seimbang, seperti nasi cokelat atau nasi beras merah. Karbohidrat memberikan energi yang dibutuhkan anak untuk menjalani aktivitas harian mereka.

  1. Sayur-Sayuran Lezat

Sayuran seperti wortel, brokoli, atau mentimun dapat dipotong menjadi bentuk yang lucu untuk menarik perhatian anak. Sayuran kaya serat dan vitamin yang mendukung sistem kekebalan tubuh.

  1. Buah-Buahan Segar

Sertakan potongan buah-buahan segar sebagai hidangan penutup. Buah memberikan rasa manis alami dan merupakan sumber antioksidan yang baik.

  1. Porsi yang Sesua

Sesuaikan porsi bento dengan kebutuhan anak. Hindari memberikan porsi berlebihan yang dapat membuat anak kenyang berlebihan atau malah kurang energi.

  1. Kreatif dengan Tata Letak

Menata bento dengan tata letak yang kreatif dapat meningkatkan selera makan anak. Gunakan wadah bersekat untuk memisahkan makanan dan hindari bumbu atau saus yang bisa membuat bekal menjadi lembek.

  1. Pastikan Keamanan Makanan

Pastikan makanan yang disiapkan aman untuk dikonsumsi di suhu ruangan. Hindari makanan yang mudah rusak atau yang memerlukan penyimpanan suhu rendah.

  1. Libatkan Anak dalam Proses Persiapan

Ajak anak terlibat dalam proses persiapan bento. Ini tidak hanya meningkatkan keterampilan dapur mereka tetapi juga membuat mereka lebih antusias untuk mengonsumsi makanan yang telah mereka buat sendiri.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah menyiapkan bento sehat untuk bekal anak.

Selamat mencoba, dan semoga bento yang Anda siapkan menjadi bekal yang lezat dan bergizi bagi perkembangan anak Anda!

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply