Wednesday, February 21, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Info

6 Ide Kerajinan Tangan Yang Bisa Dibuat Bersama Anak di Momen Liburan Tahun Baru

kerajinan tanganIlustrasi ide kerajinan tangan yang bisa dibuat bersama anak di momen liburan tahun baru

ZULIRANTAUWATI.ID – Momen liburan tahun baru seringkali menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga, termasuk dengan anak-anak.

Selain suasana penuh keceriaan, momen tahun baru juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan kreatif bersama, salah satunya adalah membuat kerajinan tangan.

Melibatkan anak dalam kegiatan kerajinan tangan tidak hanya meningkatkan kreativitas mereka, tetapi juga mempererat ikatan keluarga.

Berikut adalah beberapa ide kerajinan tangan yang bisa Anda coba bersama anak di liburan tahun baru :

  1. Kartu Ucapan Tahun Baru Unik

Buatlah kartu ucapan kreatif bersama anak-anak. Anda bisa menggunakan kertas warna-warni, stiker, glitter, dan berbagai hiasan lainnya.

Biarkan anak-anak mengekspresikan diri mereka dengan gambar, tulisan, atau pesan spesial untuk keluarga dan teman-teman.

Proses membuat kartu ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai seperti rasa sayang dan kepedulian.

  1. Topeng Tahun Baru

Buat topeng menggunakan karton atau kertas tebal lainnya. Biarkan anak-anak berkreasi dengan memberi mereka akses ke berbagai bahan dekoratif seperti kertas warna, payet, kancing, dan tali elastis.

Setelah selesai, mereka dapat mengenakan topeng mereka sendiri saat menyambut pergantian tahun.

  1. Lampion Kertas Hias

Buat lampion kertas hias sebagai simbol kebahagiaan untuk menyambut malam pergantian tahun.

Anak-anak dapat menghias kertas dengan cat air, stiker, atau bahkan menggambar motif spesial. Pastikan untuk memasang lilin LED di dalam lampion untuk keamanan.

  1. Mini Kincir Angin Warna-warni

Gunakan kertas origami atau kertas lipat untuk membuat mini kincir angin yang cantik dan indah.

Ajari anak-anak cara melipat kertas menjadi bentuk kincir angin, dan biarkan mereka menghiasnya dengan warna-warni.

Setelah selesai, anak-anak dapat membawa kincir angin mereka ke luar dan menikmati angin segar sambil melihat kincir angin berputar.

  1. Daur Ulang Kreatif: Botol Bekas Menjadi Hiasan Cantik

Memanfaatkan botol plastik bekas untuk membuat hiasan cantik. Potong botol menjadi bagian kecil dan berikan kepada anak-anak untuk dihias dengan cat, pita, dan kain sisa.

Dengan kreativitas mereka, botol bekas akan berubah menjadi dekorasi unik untuk menyambut pergantian tahun.

  1. Gelang Persahabatan Tahun Baru

Ajarkan anak-anak cara membuat gelang persahabatan sederhana. Mereka dapat menggunakan benang warna dan menambahkan berbagai bentuk hiasan seperti manik-manik atau charm kecil.

Gelang persahabatan yang terbuat dengan tangan ini bisa menjadi kenang-kenangan yang manis dan bisa dikenakan sepanjang tahun.

Momen liburan tahun baru adalah waktu yang tepat untuk bersama-sama berkreasi dan mengeksplorasi kreativitas bersama anak.

Ide kerajinan tangan di atas tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pengalaman berharga yang bisa dikenang sepanjang tahun.

Selamat mencoba dan selamat menyambut tahun baru dengan kreativitas dan keceriaan bersama keluarga tercinta!

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply