Sunday, February 25, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Edukasi

6 Peran Penting Asam Folat di Masa Kehamilan Yang Diketahui Oleh Ibu Hamil

pexels geraud pfeiffer 6605350Ilustrasi peran penting asam folat di masa kehamilan

ZULIRANTAUWATI.ID – Masa kehamilan adalah periode yang menuntut perhatian khusus terhadap pola makan dan asupan nutrisi, karena memainkan peran kunci dalam perkembangan janin.

Salah satu nutrien yang sangat penting selama berada di masa kehamilan adalah asam folat.

Senyawa asam folat, atau folat, adalah bentuk sintetis dari vitamin B9 yang ditemukan dalam makanan tertentu dan juga sering diambil dalam bentuk suplemen.

Berikut adalah beberapa peran penting dari senyawa asam folat di masa kehamilan yang harus diketahui oleh para ibu hamil :

  1. Pembentukan Sel dan Pertumbuhan Jaringan

Folat memiliki peran sentral dalam sintesis dan pemeliharaan DNA. Selama hamil, pertumbuhan dan pembelahan sel sangat cepat, terutama sel janin yang berkembang.

Asam folat diperlukan untuk menghasilkan dan memperbaiki materi genetik, yang esensial untuk perkembangan organ dan jaringan pada janin.

  1. Pencegahan Cacat Tabung Saraf

Cacat tabung saraf, seperti spina bifida, terjadi ketika tabung saraf janin tidak menutup sepenuhnya selama perkembangan awal.

Konsumsi folat yang cukup sebelum dan selama awal mengandung dapat mengurangi risiko cacat tabung saraf ini.

  1. Produksi Sel Darah Merah

Sel darah merah sangat penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, termasuk janin. Folat berperan dalam pembentukan sel darah merah.

Kekurangan folat dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil, yang dapat mempengaruhi pasokan oksigen ke janin.

  1. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Masa hamil dapat mengubah respons kekebalan tubuh, dan folat dapat membantu menjaga kestabilan sistem kekebalan untuk melindungi ibu dan janin dari infeksi.

  1. Pengelolaan Nausea dan Muntah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa folat dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah yang umum terjadi selama hamil.

Ini dapat membantu ibu hamil untuk mempertahankan pola makan yang sehat dan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin.

  1. Penyerapan Zat Besi

Asam folat juga dapat berperan dalam meningkatkan penyerapan zat besi, yang sangat penting untuk mencegah anemia selama masa hamil.

Anemia dapat menyebabkan kelelahan dan menurunkan daya tahan tubuh, sehingga asam folat dapat membantu menjaga kesehatan ibu hamil.

Senyawa asam folat memiliki peran yang sangat penting selama kehamilan dalam mendukung perkembangan janin, mencegah cacat tabung saraf, dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Penting bagi ibu hamil untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan asupan asam folat yang cukup, baik melalui makanan sehari-hari maupun suplemen yang direkomendasikan oleh profesional kesehatan.

Dengan memahami peran penting asam folat, ibu hamil dapat memberikan fondasi kesehatan yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan optimal janin mereka.

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply