Sunday, February 25, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Info

7 Cara Mengamankan Akun WhatsApp dari Potensi Cyber Crime

pexels cottonbro studio 5053740Ilustrasi cara menggunakan fitur panggilan suara dan video pada WhatsApp

ZULIRANTAUWATI.ID – WhatsApp merupakan salah satu platform komunikasi paling populer di dunia, digunakan oleh miliaran orang untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja.

Namun, dengan kepopuleran tersebut, muncul pula potensi risiko keamanan, seperti serangan cyber crime.

Oleh karena itu, penting bagi pengguna WhatsApp untuk mengambil langkah-langkah perlindungan yang tepat guna menjaga keamanan akun mereka.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengamankan akun WhatsApp dari potensi cyber crime :

  1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah (Two-Step Verification)

Verifikasi dua langkah menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan meminta pengguna untuk memasukkan kode verifikasi enam digit yang dikirimkan melalui SMS setiap kali mereka mencoba mengonfigurasi akun pada perangkat baru.

  1. Perbarui Aplikasi WhatsApp Secara Berkala

Penting untuk selalu memastikan bahwa Anda menggunakan versi terbaru. Pengembang secara teratur merilis pembaruan yang mencakup perbaikan keamanan dan peningkatan fungsionalitas.

Memastikan aplikasi selalu diperbarui membantu mengurangi risiko eksploitasi celah keamanan yang mungkin ada pada versi sebelumnya.

  1. Pilih Pengaturan Privasi yang Tepat

Aplikasi ini menawarkan sejumlah pengaturan privasi yang dapat membantu melindungi akun Anda.

Pastikan untuk meninjau dan mengkonfigurasi pengaturan privasi Anda sesuai dengan preferensi Anda.

Misalnya, Anda dapat mengatur siapa yang dapat melihat status, foto profil, dan info terakhir terlihat.

  1. Waspadai Pesan dan Tautan yang Dicurigai

Hindari membuka pesan dari pengirim yang tidak dikenal atau mencurigakan. Serangan phishing seringkali melibatkan pengiriman tautan berbahaya atau menyamar sebagai pesan dari kontak yang dikenal.

Jangan klik tautan yang mencurigakan dan hindari berbagi informasi pribadi melalui pesan.

  1. Logout dari Perangkat Lain

Jika Anda pernah masuk ke akun WhatsApp Anda dari perangkat lain (seperti komputer atau ponsel teman), pastikan untuk keluar setelah selesai menggunakan akun. Ini dapat dilakukan melalui pengaturan akun pada aplikasi WhatsApp.

  1. Hindari Menggunakan Wifi Umum untuk Komunikasi Penting

Jangan gunakan jaringan Wi-Fi umum atau tidak aman untuk berkomunikasi, terutama ketika melakukan transaksi penting atau berbagi informasi sensitif. Gunakan jaringan seluler atau Wi-Fi yang terlindungi dengan sandi.

  1. Perhatikan Aktivitas yang Tidak Biasa

Selalu pantau aktivitas akun Anda. Jika Anda melihat aktivitas yang tidak biasa, seperti perangkat yang tidak dikenal terhubung ke akun Anda, segera ambil tindakan dengan mengganti kata sandi dan melaporkan masalah kepada layanan dukungan WhatsApp.

Dengan mengambil langkah ini, pengguna WhatsApp dapat meningkatkan keamanan akun mereka dan mengurangi risiko jatuh ke dalam perangkap cyber crime.

Kesadaran akan ancaman keamanan dan tindakan pencegahan yang tepat dapat membantu menjaga keamanan data pribadi dan informasi komunikasi.

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply