ZULIRANTAUWATI.ID – Sobat Mbak Zuli, kadang-kadang urusan listrik menjadi masalah bagi keluarga kita karena listrik mengalami gangguan. Akibatnya urusan keseharian yang berhubungan dengan listrik ikut terganggu juga.
Nah, apabila Sobat Mbak Zuli mengalami gangguan listrik di rumah secara tiba-tiba jangan langsung bingung. Mengadu langsung saja ke PLN, caranya mudah dan bisa dipilih ragam caranya.
Dikatakan mudah karena mengakses layanan pengaduan PLN Sobat Mbak Zuli tidak perlu datang ke kantor PLN. Sobat Mbak Zuli bisa menghubungi call center PLN atau mengikuti cara berikut ini.
Cara pengaduan yang pertama adalah melalui sambungan telepon (nomor telepon PLN). Cukup menghubungi PLN di nomor 123 dan menyampaikan pengaduan. Jika menggunakan ponsel maka untuk wilayah Nganjuk menggunakan kode area, yakni (0358)123 agar tersambung ke PLN. Tetapi ini tidak gratis karena menggunakan pulsa.
Jika Sobat Mbak Zuli pulsanya terbatas, bisa dilakukan cara kedua untuk melaporkan gangguan listrik yakni melalui virtual assistant PLN 123. Langkahnya, buka browser di smartphone lalu buka laman https://web.pln.co.id/. Kemudian pilih menu Virtual Assistant PLN 123 yang berada pada bagian kanan situs tersebut.

Selanjutnya Sobat Mbak Zuli mengisi kolom yang terdiri dari nama, nomor handphone, alamat email, nomor ID pelanggan PLN dan keluhan yang ingin diadukan Selanjutnya mengisi jawaban verifikasi yang terdiri dari soal penambahan angka Lalu, Anda akan langsung terhubung dengan operator PLN untuk diberikan solusinya.
Langkah lain adalah lewat media sosial yakni melalui akun media sosial resmi PLN. Pengaduan lewat Medsos ini dapat dijawab dalam waktu cepat. Akunnya bisa dipilih, yakni Twitter: @pln_123 Facebook: PLN 123 Instagram: @pln123_official E-mail: pln123@pln.co.id.
Bukan hanya itu, pengaduan juga bisa disampaikan lewat WhatsApp PLN di nomor 123. Demikian juga keluhan dapat Sobat Mbak Zuli sampaikan melalui aplikasi PLN Mobile. Caranya bagaimana ?
Caranya adalah dengan menginstal aplikasi PLN Mobile di Play Store, buka aplikasi dan klik menu pengaduan di halaman depan aplikasi. Pilih jenis pengaduan yang ingin diajukan. Kemudian masukkan ID pelanggan dan tentukan lokasi, kemudian klik “Konfirmasi”.
Demikian Sobat Mbak Zuli, cara mengadu bila ada gangguan listrik di rumah kita. Pilih salah satu layanan pengaduan yang paling mudah. Semoga terbantu. ( Mbak Zuli )
