Wednesday, February 21, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Edukasi

Makna dari lambang PKB, Ini Penjelasannya

IMG 20200109 145859

ZULIRANTAUWATI.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan partai politik yang indentik dengan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU). Sejarah dan Profil PKB tidak bisa lepas dari peran masyarakat Nahdliyin. Kelahiran pantai politik ini juga tidak bisa lepas dari sosok Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Sejarah partai politik berbasis massa Nahdlatul Ulama (NU) ini resmi berdiri pada masa reformasi, hingga saat ini.

PKB memiliki lambang berbentuk persegi berwarna hijau yang menampilkan gambar bola dunia dan kepulauan Indonesia berwarna putih, dikelilingi oleh 9 bintang berwarna kuning, dengan tulisan “Partai Politik PKB” di bagian bawah. Makna dari lambang PKB ini dapat diuraikan sebagai berikut :

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
  1. Bumi dan peta Indonesia melambangkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah landasan bagi perjuangan PKB dalam mencapai tujuannya.
  2. Lambang 9 bintang mencerminkan idealisme partai dengan mewakili 9 nilai, seperti kemerdekaan, keadilan, kebenaran, kejujuran, kerakyatan, persamaan, kesederhanaan, keseimbangan, dan persaudaraan.
  3. Tulisan partai mencerminkan identitas PKB dan menjadi sarana untuk memperjuangkan aspirasi politik seluruh rakyat Indonesia menuju tatanan kehidupan bangsa yang demokratis.
  4. Bingkai berbentuk segi empat dengan garis ganda yang sejajar menggambarkan bahwa perjuangan partai menempatkan orientasi duniawi dan ukhrawi, material dan spiritual, lahir dan batin secara sejajar.
  5. Warna putih melambangkan kesucian, ketulusan, dan kebenaran yang menjadi etos perjuangan partai.
  6. Warna hijau mengandung makna kemakmuran lahir dan batin bagi seluruh rakyat Indonesia, yang menjadi tujuan perjuangan partai.
  7. Warna kuning bermakna kebangkitan bangsa dan nuansa pembaruan yang berlandaskan kemaslahatan seluruh umat manusia.

Itulah makna yang terkandung dalam lambang PKB, mencerminkan nilai-nilai, identitas, dan tujuan perjuangan partai tersebut. ( Mbak Zuli )

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply