Wednesday, February 21, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Edukasi

Medical Check Up Pada Anak Secara Berkala Ternyata Penting, Ini Infonya

medical check up

ZULIRANTAUWATI.ID – Sobat Mbak Zuli, medical check-up anak menjadi sangat penting pada setiap tahapan usia, karena menjaga kesehatan anak merupakan kebutuhan dasar yang harus diperhatikan. Pencegahan penyakit atau kelainan sejak dini sangat krusial, karena semakin awal suatu kondisi terdeteksi, semakin baik peluang untuk pengobatan yang efektif. Berikut adalah jenis-jenis pemeriksaan pada anak yang umumnya dilakukan selama medical check-up:

  1. Pemeriksaan Laboratorium Bayi Baru Lahir (Usia 3-5 Hari)
    Pemeriksaan ini bertujuan untuk mendeteksi kemungkinan kelainan bawaan, seperti hipotiroid dan defisiensi G6PD (kekurangan enzim G6PD), yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
  2. Pemeriksaan Laboratorium Bayi Usia 1-3 Tahun
    Selain pemeriksaan pertumbuhan dan perkembangan, pemeriksaan laboratorium umumnya mencakup hematologi untuk mendeteksi anemia dan pemeriksaan urine untuk mendeteksi infeksi saluran kemih. Pemeriksaan lain dapat disesuaikan dengan indikasi individual.
  3. Pemeriksaan Anak Usia 3-5 Tahun
    Pada usia ini, pemeriksaan melibatkan profil lipid dan lemak, serta pemeriksaan pada kondisi saluran cerna. Status nutrisi juga dievaluasi untuk memastikan tumbuh kembang anak berjalan dengan baik.
  4. Pemeriksaan Anak Remaja Usia 12-18 Tahun
    Pemeriksaan laboratorium pada anak remaja melibatkan pemeriksaan fungsi hati, gula darah, dan profil lipid untuk deteksi diabetes melitus dan hipertensi. Hal ini menjadi penting untuk pemantauan kesehatan anak remaja.

Melakukan medical check-up anak secara rutin memungkinkan deteksi dini terhadap penyimpangan kesehatan, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan. Anak yang menjalani medical check-up secara teratur memiliki peluang untuk tetap sehat hingga dewasa. Oleh karena itu, disarankan untuk secara berkala memeriksa kesehatan anak agar tumbuh kembangnya dapat terjaga dengan baik. ( Mbak Zuli)

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply