Thursday, December 7, 2023
anggadateknologi@gmail.com
Edukasi

Pembukuan Keuangan akan Sangat Membantu Pelaku UMKM Nganjuk, Begini Caranya 

Pembukuan Keuangan, UMKM Nganjuk

ZULIRANTAUWATI.ID – Sobat Mbak Zuli yang berkecimpung di dunia usaha atau bisnis UMKM harus tahu bahwa salah satu kegiatan terpenting yang harus dilakukan adalah pembukuan keuangan. Bagian ini sering dilupakan atau diremehkan dan banyak pelaku UMKM yang tidak tahu apakah usahanya menguntungkan. 

Agar usaha UMKM berjalan dan perputaran uang lancar, sobat Mbak Zuli harus punya yang namanya pembukuan keuangan. Tidak perlu terlalu rumit, catatan keuangan yang disimpan cukup mencakup pengeluaran, pendapatan, dan inventaris yang tersisa. 

Kemudian jangan lupa untuk membuat laporan laba rugi guna melihat bagaimana kinerja usaha Anda. Terus semangat dan pelajari cara pengelolaan keuangan UMKM sebagai kunci kesuksesan.

Pembukuan keuangan sederhana atau pencatatan bisnis sehari-hari adalah untuk mengukur pertumbuhan bisnis. Dari catatan sederhana ini dapat diketahui keadaan dan perkembangan usaha, termasuk keuntungan dan kerugian. Pembukuan berfungsi sebagai tolok ukur untuk mengambil strategi bisnis selanjutnya.

Baca Juga: Kamu Sudah Berusia 17 Tahun dan Ingin Mengurus KTP Elektronik dengan Mudah, Simak ! Begini Caranya

Manfaata Pembukuan Keuangan untuk UMKM

1. Bahan Evaluasi Usaha

Salah satu manfaat pembukuan bagi UMKM adalah dapat digunakan sebagai alat evaluasi usaha. Pembukuan dapat mengukur keberhasilan suatu usaha. Caranya adalah dengan melihat jumlah produk yang terjual. Anda dapat menghitung jumlah produk yang terjual dan mengetahui transaksi keuangan usaha. Sehingga digunakan sebagai alat penilaian dan bahan penilaian usaha.

2. Mengetahui Riwayat Transaksi

Manfaat pembukuan UMKM selanjutnya adalah untuk mengecek riwayat transaksi. Pembukuan membantu mencatat secara rinci semua transaksi dalam suatu usaha. Ini memudahkan untuk memantau jumlah transaksi masuk dan keluar dan tidak perlu khawatir kehilangan transaksi. Proses bisnis berjalan lebih lancar ketika diatur dengan baik dan ditata dengan jelas.

3.Mengetahui Untung Rugi

Salah satu manfaat dari pembukuan kecil dalam usaha adalah kemampuan untuk mengetahui detailnya. Memilih langkah yang tepat untuk mengelola keuangan bisnis bisa jadi sulit tanpa mengetahui detailnya. 

Misalnya, jika usaha menguntungkan, Anda mungkin dapat menjalankan lebih banyak promosi untuk menarik lebih banyak pelanggan. Namun, jika rugi, Anda mungkin perlu mengurangi pengeluaran untuk menghindari pengeluaran modal.

Baca Juga: Air Terjun Gedangan Nganjuk, Wisata Alam yang Asri dan Instagramable, Banyak Spot Foto Keren

4. Cara Membuat Pembukuan UMKM

a. Mengumpulkan Semua Bukti Transaksi Harian

Pengumpulan bukti transaksi adalah langkah awal yang perlu dilakukan. Bukti transaksi dapat berupa bon, invoice, atau struk dari mesin EDC. Dompet digital juga bisa digunakan untuk banyak transaksi. Jadi jangan lewatkan juga bukti transaksi yang satu itu.

b. Memisahkan Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

Selanjutnya adalah mencatat pengeluaran dan pemasukan harian. Namun, pengeluaran keuangan dan pendapatan ini harus dicatat terpisah. Dengan membuat catatan terpisah, tidak ada kebingungan dalam menentukan apakah transaksi yang dilakukan merupakan pendapatan atau beban. 

Zuli Rantauwati Caleg Nganjuk Dapil 1 Partai Hanura, Mbak Zuli, Pemilu 2024, Nganjuk Bermutu, Tips Mengatasi Stunting, nganjuk bermutu, cara memilih kosmetik
Zuli Rantauwati Caleg Nganjuk Dapil 1 Partai Hanura

Harap beri tanggal pada setiap aktivitas pembukuan. Kumpulkan semua transaksi, bahkan yang terkecil sekalipun. Cobalah untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan setelah bekerja setiap hari. Pastikan tidak ada transaksi yang tertinggal atau terlupa.

c. Buat Catatan Arus Kas Utama

Setelah memisahkan pendapatan dan pengeluaran, langkah selanjutnya adalah menggabungkan data tersebut ke dalam catatan arus kas. Anda perlu membuat catatan arus kas dengan dua kolom, debit dan kredit.  Dengan cara ini, dapat diketahui situasi keuangan usaha yang dijalankan.

Baca Juga: Mendorong Kesetaraan Gender, Mbak Zuli : Caleg Perempuan Harus Berkualitas dan Memahami isu Perempuan

d. Buat Stok Barang dan Inventaris

Pembukuan keuangan juga berkaitan dengan persediaan. Oleh karena itu, perlu diketahui item mana yang telah diperbarui. Inventaris juga harus dicatat, mencakup aset, dan hibah. 

e. Membuat Laporan Laba Rugi

Pembukuan keuangan penting yang harus dilakukan adalah penyusunan laporan laba rugi. Laporan ini memungkinkan Anda untuk melihat status keuangan, ada laba bersih termasuk juga bisa dilihat utang yang harus dibayar. 

Mengetahui cara pembukuan keuangan UMKM akan membantu mengelola keuangan dengan lebih baik. Semangat dan Sukses!(Mbak Zuli

Spanduk Zuli Rantauwati
Zuli Rantauwati

Leave a Reply