Wednesday, February 21, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Edukasi

Penting ! Ini Buah Buahan yang Perlu Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

buah

ZULIRANTAUWATI.ID – Bagi penderita asam lambung, pemilihan makanan menjadi krusial karena sebagian besar penyebab asam lambung kambuh terkait dengan jenis makanan yang dikonsumsi.

Hal ini juga berlaku untuk buah-buahan. Buah yang baik untuk penderita asam lambung sebaiknya tidak terlalu asam, seperti semangka, alpukat, dan melon. Sebaliknya, buah-buahan sitrus seperti lemon dan jeruk dapat meningkatkan produksi asam lambung dan sebaiknya dihindari.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buah yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung:

Pisang : Pisang rendah asam dan dapat melapisi kerongkongan, membantu meredakan iritasi akibat naiknya asam lambung. Selain itu, pisang mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Kelapa : Air kelapa mengandung mineral kalium dan senyawa yang mendukung kelancaran sistem pencernaan. Air kelapa juga dapat menjaga suhu tubuh dan menghambat peradangan pada lambung.

Semangka: Tinggi air dan membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh, semangka dapat menetralkan asam lambung. Selain itu, semangka mengandung likopen yang berperan dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh.

Alpukat: Alpukat rendah asam dan dapat diolah menjadi berbagai varian makanan atau minuman. Alpukat juga mengandung serat dan memiliki efek baik bagi penderita GERD dan maag.

Melon: Melon termasuk buah yang aman untuk penderita asam lambung. Kandungan mineral magnesium pada melon membuatnya bersifat basa dan tidak menimbulkan risiko naiknya asam lambung.

Pepaya: Pepaya mengandung enzim papain yang membantu dalam pencernaan protein. Ini dapat membantu meredakan gejala asam lambung dan mempermudah penguraian protein.

Apel: Apel kaya serat dan merupakan sumber kalsium, kalium, dan magnesium. Jenis apel yang manis lebih disarankan, sedangkan apel hijau yang cenderung asam sebaiknya dihindari.

Dengan memilih buah-buahan ini, penderita asam lambung dapat menjaga kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko gejala yang tidak diinginkan. Tetap konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan individu. ( Mbak Zuli )

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply