Wednesday, February 21, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Edukasi

Sekilas Tentang Partai Kebangkitan Bangsa ( PKB )

IMG 20170713 170807

ZULIRANTAUWATI.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan sebuah organisasi politik di Indonesia yang muncul selama periode reformasi pada tanggal 23 Juli 1998 dan diumumkan oleh para ulama Nahdlatul Ulama (NU).

Kelahirannya erat kaitannya dengan NU, organisasi Islam terbesar di Indonesia. Pembentukan PKB dipicu oleh desakan dari basis masyarakat Nahdlatul Ulama yang menginginkan adanya saluran politik tunggal bagi anggota Nahdiyin.

PKB memiliki visi dan misi yang diselaraskan dengan tradisi dan cita-cita NU, yaitu berdasarkan Pancasila, mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mendukung keberagaman, menghormati nilai-nilai kemanusiaan universal, dan berusaha menciptakan keadilan serta kesejahteraan bagi Indonesia.

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Partai ini menghadapi ujian pertamanya dalam Pemilu 1999. Dengan dukungan yang solid, PKB berhasil menjadi pemenang ketiga setelah PDI dan Golkar. Keberhasilan serupa pernah diraih oleh partai NU pada tahun 1955 dan 1971.

Hingga saat ini, PKB tetap memiliki keberadaan di parlemen, dengan lebih dari 1.200 kader yang menempati kursi DPR di tingkat nasional, daerah, dan kota, serta 28 anggota DPR RI yang berdedikasi untuk melayani negara.

PKB bersifat independen, menolak segala bentuk pengaruh dari pihak manapun yang bertentangan dengan tujuan berdirinya partai. Bagi PKB, mewujudkan cita-cita berarti menjamin hak asasi masyarakat, mengaktualisasikan nilai-nilai kejujuran, kebenaran, kesungguhan, mampu mengatasi masalah sosial, menempatkan demokrasi sebagai fondasi utama, dan menegakkan prinsip-prinsip hukum. ( Mbak Zuli )

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply