Wednesday, February 21, 2024
anggadateknologi@gmail.com
Edukasi

Waspada! Ini 10 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Mencegah Insomnia

pexels ketut subiyanto 4473864 3194459347Ilustrasi makanan yang harus dihindari untuk mencegah insomnia

ZULIRANTAUWATI.ID – Gangguan insomnia adalah gangguan tidur yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental seseorang.

Salah satu faktor yang memicu insomnia adalah pola makan yang tidak sehat. Beberapa jenis makanan dapat merangsang sistem saraf dan menyebabkan kesulitan tidur.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, terutama menjelang waktu tidur.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk mencegah gangguan insomnia :

  1. Kopi dan Minuman Berkafein Tinggi

Kopi, teh, dan minuman berkafein tinggi dapat meningkatkan tingkat kecerdasan dan membuat Anda tetap terjaga.

Menghindari konsumsi kafein setidaknya enam jam sebelum tidur dapat membantu menjaga kualitas tidur.

  1. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung kafein dan gula tambahan yang dapat meningkatkan energi dan membuat sulit untuk tidur.

Lebih baik mengganti minuman bersoda dengan air atau minuman herbal yang tidak mengandung kafein.

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu tidur malam.

  1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak, terutama yang tinggi lemak jenuh, dapat menyebabkan pencernaan lambat dan meningkatkan risiko refluks asam lambung, yang dapat mengganggu tidur.

  1. Cokelat dan Produk Kakao

Cokelat mengandung teobromin, suatu senyawa yang bersifat merangsang dan dapat meningkatkan denyut jantung. Hindari konsumsi cokelat menjelang tidur untuk mencegah gangguan tidur.

  1. Alkohol

Meskipun alkohol dapat membuat Anda mengantuk pada awalnya, konsumsi berlebihan dapat mengganggu siklus tidur dan menyebabkan bangun tengah malam.

  1. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula dapat meningkatkan energi secara tiba-tiba dan menyebabkan lonjakan insulin. Ini dapat mengganggu pola tidur alami tubuh.

  1. Makanan Berserat Tinggi

Meskipun makanan berserat tinggi penting untuk kesehatan, mengonsumsi makanan yang sangat tinggi serat menjelang tidur dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut dan sulit tidur.

  1. Energi Tinggi atau Minuman Olahraga

Minuman energi dan minuman olahraga dapat mengandung kafein dan gula tinggi, yang dapat memicu peningkatan energi dan mengganggu tidur.

  1. Makanan yang Mengandung Tyramine

Makanan yang mengandung tyramine, seperti keju, daging olahan, dan makanan yang difermentasi, dapat merangsang otak dan menyebabkan sulit tidur.

Menjaga pola makan yang seimbang, membatasi konsumsi makanan dan minuman yang merangsang, dan menciptakan rutinitas tidur yang baik adalah langkah penting dalam mencegah insomnia.

Jika masalah insomnia terus berlanjut, konsultasikan dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran dan bantuan yang lebih lanjut.

Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB
Zuli Rantauwati Caleg DPRD Nganjuk Dapil 1 Partai PKB

Leave a Reply